Senin, 10 Agustus 2020

Terdiam

 Kita mungkin sering kali akan menyesali bicara kita dan mungkin sesekali akan menyesali diam kita. Sebenarnya diam adalah wujud dari berbagai bentuk bisa saja rasa sedih, marah, menyesal, tidak percaya, tidak peduli atau bentuk penolakan yang tak bisa ditunjukkan dengan perbuatan. Ada pepatah mengatakan diam tanda setuju, mungkin bisa saja itu terjadi, namun di "setuju" nya itu akan  penuh rasa pengorbanan atau rasa mengalah

h, karena pada umumnya manusia cenderung mudah mengungkapkan rasa setuju jika ia menyukainya, namun jika melalui proses diam artinya ada sesuatu yang ia pertimbangkan, ada hal yang mungkin saja tidak sesuai dengan hatinya, namun ia berusaha memberi pemakluman. 

Terdiam akan sesuatu hal, juga adalah respon saat kita tidak percaya hal itu terjadi, yah begitulah hidup yang ternyata tidak melulu tentang keinginan kita, semua akan berubah saat kita siap ataupun tidak. Seseorang cenderung mengungkap kan kemauan nya, baik kita setuju atau tidak setuju. 

Kita bisa saja menjadi bintang di hati seseorang namun jangan lupa langit lah yang menjadi bayang bayang nya. Saat kita merasa keinginan kita sudah tak lagi terpenuhi, diam adalah bentuk pemakluman terbaik, berusaha untuk tidak melukai hati siapapun dengan lisan kita, sekalipun kita ternyata di tolak, dengan berbagai alasan yang sebenarnya kita sendiri juga punya alasan atas keinginan kita tersebut. Sebisa mungkin jauhi perdebatan, diamlah jika kamu masih merasa sesuatu itu bisa kamu terima walau di lubuk hatimu, kamu berusaha memberi pengertian agar hati mu baik2 saja.  Berusaha menjaga lisan adalah ibadah, manusia selalu punya pilihan dalam hidup, tak perlu menyakiti seseorang dengan kata2 atau mengajaknya berdebat, jika masih bisa kita terima, yah terima, kalau sudah sampai di batas, cukup ucapkan maaf ,sekian dan terima kasih. Walau kita kalah dalam berjuang, tidak apa, setidaknya tak ada hati yang sakiti dengan lisan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terapi Memaafkan

 Betapa banyak orang yang terlihat baik baik saja tapi menyimpan duka dalam hatinya. Duka itu seperti api yang jika di tiup tiup akan semaki...